Apa Itu Sertifikasi CISM, Prosedur dan Manfaatnya?

3 Menit Membaca

Certified Information Security Manager atau yang dikenal dengan CISM adalah sertifikasi untuk profesional manajer di bidang keamanan informasi. CISM tersebut diberikan oleh ISACA, yang tujuannya untuk tata kelola keamanan informasi serta pengembangan program keamanan informasi.

Dalam hal ini, CISM berperan penting untuk seorang profesional bisa dianggap sebagai kandidat yang kompeten dalam hal keamanan informasi dan manajemen resikonya. Kendati demikian, ternyata profesional yang telah mendapatkan sertifikasi CISM tidaklah sembarang orang, ada banyak pengujian yang harus dilaluinya.

Nah, sudah tahukan apa itu pengertian dari CISM, untuk itu mari kita masuk ke dalam pembahasan apa saja manfaat dari CISM ini.

Apa manfaat CISM bagi profesional?

CISM adalah sebuah sertifikasi profesional untuk manajer keamanan informasi. Ketika seorang profesional telah diuji dan lulus mendapatkan sertifikasi CISM, bisa dipastikan mereka akan diakui secara global sebagai credential terkemuka untuk manajemen keamanan informasi.

Selain diakui, seorang profesional yang telah lulus sertifikasi CISM tersebut juga dipastikan memiliki pengetahuan serta keterampilan dalam keamanan informasi. Lebih lanjut, mereka juga akan mampu untuk memecahkan persoalan dalam hal multiple choice.

Kendati demikian, di balik manfaat sertifikasi CISM yang berkelimpahan tersebut, ternyata ada syarat dan juga pengujian yang tidak mudah. Salah satunya adalah paling tidak lima tahun telah berpengalaman di bidang keamanan informasi.

Apa manfaat sertifikasi CISM bagi profesional?Apa yang harus dipersiapkan profesional untuk sertifikasi CISM?

Untuk mendapatkan sertifikasi CISM tersebut tidaklah mudah, profesional harus terlebih dahulu melalui ujian tulis serta berpengalaman minimal lima tahun di bidang keamanan informasi.

Dan juga, sertifikasi CISM ini tidak juga diperuntukkan untuk semua kalangan di bidang keamanan informasi. CISM hanya ditujukan khusus untuk manajer keamanan informasi yang berpengalaman dan bertanggung jawab.

Selain itu, sebelum profesional memutuskan untuk mendapatkan sertifikasi CISM, terlebih dahulu mereka harus memiliki sertifikasi CISA atau CISSP juga, karena CISM bisa disebut dengan tingkat akhir dari sertifikasi keamanan informasi.

Baca Juga

Saat ini, juga telah banyak dibuka pelatihan hingga pembelajaran supaya lolos dari ujian tulis mendapatkan CISM. Anda bisa melihat atau sekadar mencari informasi mengenai pelatihan tersebut di internet.

Jadi, apakah sudah tertarik untuk melanjutkan ke tahap sertifikasi CISM? Jika sudah, mari ikuti langkah prosedur yang telah kami siapkan di awal tulisan ini dan tetap terus belajar.

 

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?