Bagaimana Cara Mengetahui Smartphone Kamu Diretas?

Setiap perangkat elektronik selalu mengundang bahaya dari aksi peretasan, khususnya untuk smartphone yang berdampak pada data akun media sosial. Hal ini berdampak tak terkecuali dari publik figur seperti Mark Zuckerberg. Pertanyaannya, kamu yang notabene adalah warga biasa yakin aman dari ancaman peretas? Atau smartphone kamu sudah disadap tanpa sadar? Bisa saja orang terdekat seperti kekasih kamu telah menyadap semua kegiatan yang dilakukan di smartphone.

Ciri-Ciri Smartphone Disadap

Smartphone pasti menyimpan banyak data pribadi selain digunakam sebagai alat komunikasi. Kamu bisa membayangkan bagaimana paniknya jika seluruh informasi pribadi diketahui orang asing. Tanpa berbasa-basi, ayo kita kupas ciri-ciri smartphone kamu disadap!

  1. Suara Panggilan Sering Terganggu
    Kamu mungkin pernah sedang menelpon siapapun, tiba-tiba terdengar suara bising. Jika suara itu hanya terdengar oleh kamu saja tanpa dirasakan oleh lawan bicara, harus wajib curiga jika panggilan tersebut disadap.
  1. Ada Aplikasi yang Tidak Dikenal
    Peretas biasanya memasang aplikasi tambahan di smartphone korban untuk menyadap. Peretas juga akan menyembunyikan aplikasi tersebut agar tidak diketahui korban. Kita harus mencegahnya dengan memeriksa menu pengaturan aplikasi, lalu periksa apakah ada aplikasi asing di smartphone kamu. Jika ditemukan tanpa pernah diunduh, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri data kita.
  1. Baterai Mudah Habis dan Panas
    Peretas selalu mengirimkan berbagai data milikmu melalui aplikasi ‘mencurigakan’ tersebut. Hal ini akan berdampak pada smartphone  yang mudah boros baterai, dan mudah panas. Jika ada program aneh yang terus berjalan, perlu dicurigai smartphone kamu disadap orang.
  1. Boros Pemakaian Kuota
    Selain baterai boros karena ada aplikasi asing berjalan di background, smartphone yang disadap juga biasanya boros kuota. Hal ini karena aplikasi aneh tersebut terus mengirimkan data ke luar tanpa sepengetahuan kamu.
  1. Operasional Smartphone Kurang Optimal
    Apakah pengoperasian sistem smartphone kamu kurang optimal saat menjalankan aplikasi tertentu? Jika biasanya lancar saja, namun tiba-tiba menjadi kurang optimal harus dicurigai jika ada malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain.
  1. Sering Muncul Iklan Pop Up
    Beberapa aplikasi untuk menyadap smartphone ada yang tidak bisa berjalan otomatis, seperti menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika iklan tersebut di-klik, maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif.
  1. Lokasi Mendadak Aktif
    Salah satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi korban. Hal paling dicurigai adalah saat pengaturan lokasi smartphone kamu aktif (saat biasanya dimatikan). Ketahuilah bahwa smartphone kamu mungkin dipengarunghi oleh aplikasi yang memaksa lokasi aktif tersebut oleh peretas.
  1. WiFi Sering Aktif Sendiri
    Saat berada di tempat umum dan tiba-tiba koneksi WiFi kamu aktif, kamu harus waspada. Siapa tahu kamu kena sadap. Kenapa harus WiFi? Soalnya lewat koneksi tersebut di tempat umum, peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke targetnya.

Bagaimana? Kalian sudah tahu kan sekarang ciri-ciri smartphone disadap? Apa salah satu dari 8 tanda smartphone disadap tersebut ada pada smartphone kamu?

Sumber: www.jalantikus.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat