Konsep Dasar dan Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Profesional Cyber Security

Profesional cyber security adalah sebuah kemampuan jaminan untuk pelayanan yang biasanya digunakan untuk bisnis, perusahaan data pribadi. Hal ini bertujuan, supaya nasabah atau peminta layanan bisa mengamankan data mereka dari kebobolan.

Lalu, sebenarnya sepenting apa cyber security ini?

Pengertian Cyber Security

Cyber security bisa disebut sebagai aktivitas yang dilakukan orang maupun sistem dengan tujuan melindungi sebuah sistem dari serangan pembobolan atau pencurian data. Dan pencurian ini, biasanya masuk dalam kategori ilegal, untuk itu harus diamankan dengan kemampuan serta pemahaman dasar mengenai cyber security.

Cyber security ini sebenarnya telah diatur juga regulasinya oleh International Telecommunication Unit (ITU), yang meliputi seputar kebijakan serta konsep keamanan dan juga melindungi aset organisasi.

Cara kerja cyber security juga dibilang cukup unik, semuanya berhubungan dengan komputer. Tidak pengaman yang digunakan seperti melindungi rumah dan sebagainya, dalam hal ini, wujud dari cyber security tak kasat mata, dan hanya dikenal melalui bahasa program komputer. Perlindungannya pun dapat berupa perangkat lunak (software) atau aplikasi yang berhubungan dengan sistem komputer.

Lebih lanjut, sistem yang menggunakan keamanan siber atau cyber security yang digunakan di sebuah perusahaan bisa untuk menanggulangi ancaman terhadap sistem komputer di perusahaan tersebut.

Konsep Dasar Cyber SecurityKonsep Dasar Cyber Security

Kerahasiaan, konsep pertama dari keamanan siber adalah kerahasiaan ini. Maksudnya di sini ialah sistem tersebut membatasi akses dan hanya diperuntukkan untuk orang-orang tertentu yang memang memiliki keperluan di sana. Misalnya keuangan di sebuah perusahaan, hanya bisa diakses untuk pegawai di keuangan saja, begitu juga yang lainnya.

Konsep kerahasiaan ini bisa juga dengan menggunakan autentikasi dua faktor, yang cara penggunaannya harus melewati dua proses yang berhubungan dengan password atau kode khusus yang dikirim ke piranti tertentu.

Selanjutnya, integritas. Konsep kedua ini dimaksudkan untuk penyampaian informasi yang benar, tepat serta akurat kepada publik. Karena selain menyimpan informasi, perusahaan juga wajib hukumnya untuk menjaga informasi yang ada, tujuannya supaya data tersebut tidak bocor kepada pihak yang tak berkepentingan.

Integritas ini bisa dalam bentuk enkripsi seperti tanda tangan digital atau certificate authority (CA).

Terakhir, ketersediaan, dalam hal ini, konsep ketersediaan yang dimaksud untuk keamanan siber adalah totalitas dari perusahaan, jangan sampai pelanggan kecewa dengan sistem yang ada. Contohnya, jika perusahaan anda berada dalam hal perusahaan keuangan, usahakan untuk tidak ada kendala dalam hal transaksi atau yang lainnya. Karena pelanggan bisa saja berpindah ke kompetitor yang lain.

Untuk Itu, Apa yang Harus Dimiliki oleh Profesional Cyber Security?Untuk Itu, Apa yang Harus Dimiliki oleh Profesional Cyber Security?

Karir di bidang keamanan digital cukup tinggi dan itu sangat dibutuhkan oleh berbagai tipe industri yang ada di sekitar kita. Namun, tingginya permintaan untuk tenaga ahli dalam hal keamanan digital ternyata tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, perlu adanya kemampuan khusus yang harus dimiliki, di antaranya sebagai berikut.

  1. Paham programming dan analisis mitigasi risiko
  2. Bisa menganalisis malware
  3. Paham metode enkripsi dan cloud security

Untuk itu, apakah anda tertarik menjadi bagian dari tenaga ahli di keamanan siber atau cyber security?

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?