Pentingnya Cyber Security bagi Small Business

Perkembangan digital yang semakin berkembang pesat turut meningkatkan peluang bisnis bagi siapa saja dan dalam bidang hal apa saja. Tercatat dari portal media Liputan6, per Maret 2021 terdapat jumlah UMKM yang melonjak tinggi dalam ekosistem digital, yakni sebanyak 4.8 juta. Small business yang banyak berkembang tersebut pun menjadi tombak kemajuan perekonomi di Indonesia yang tentunya harus terlindungi dari berbagai perilaku kriminalitas. Apalagi, mengingat transaksi jual beli yang semakin marak dilakukan secara online, tindakan pencurian data dan kerusakan sistem juga semakin berpotensi terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya keamanan internet atau Cyber Security.

Sebelum mengenal lebih dalam bagaimana Cyber Security dapat mempengaruhi sistem keamanan bisnis Anda, sebagaimana telah dirangkum dari situs IDS Digital College, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai jenis sistem keamanan yang harus menerapkan Cyber Security, yaitu:

  1. Keamanan Siber Infrastruktur

Sebagai fondasi utama dalam berjalannya suatu bisnis, keamanan siber infrastruktur menjadi bagian penting yang harus diperhatikan karena menyangkut sistem yang sangat diandalkan masyarakat, seperti misalnya jaringan listrik, kesehatan mesin, sistem hukum, dan lain sebagainya. Biasanya keamanan ini harus sangat dimaksimalkan, khususnya jika bisnis Anda berhubungan dengan pemerintahan.

  1. Keamanan Internet of Things

Menjadi bagian dalam revolusi industri 4.0, Internet of Things sudah tidak menjadi istilah asing yang juga harus Anda jaga keamanannya. Pasalnya, Internet of Things menyangkut berbagai teknologi yang digunakan dalam bisnis Anda, seperti router wifi hingga sensor keamanan yang juga harus dilindungi.

  1. Keamanan Aplikasi

Jika bisnis Anda berbasis aplikasi yang harus diunduh dan digunakan oleh masyarakat, maka keamanan aplikasi menjadi sistem penting yang harus diamankan dengan perangkat lunak. Cyber Security yang bisa digunakan terkait keamanan aplikasi dapat mencakup Program Enkripsi, Firewall, dan Antivirus.

  1. Keamanan Jaringan

Berbicara tentang Cyber Security tentu tak jauh dari keamanan jaringan yang mencakup cookie, data pengguna, dan situs web yang juga diakses oleh perusahaan. Sangat penting untuk menerapkan Cyber Security pada keamanan jaringan, agar tercegah dari berbagai kriminalitas yang dilakukan oleh hacker seperti malware, phising, dan masih banyak cyber crime lainnya.

  1. Keamanan Cloud

Penyimpanan cloud atau komputasi awan yang kini dikenal lebih aman ternyata tidak menutup kemungkinan adanya tindakan pencurian yang tetap bisa terjadi. Cyber Security yang optimal dapat melindungi segala data yang tersimpan di cloud, karena seluruh data telah terintegrasi dan memiliki sistem cadangan.

 

Dikutip dari Varonis, riset membuktikan bahwa hanya sekitar 5% data perusahaan benar-benar dilindungi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin transaksi penjualan dalam bisnis Anda berjalan lancar, maka Cyber Security adalah solusi cerdas yang bisa Anda terapkan untuk mengamankan seluruh sistem keamanan yang perlu dijaga seperti yang telah disebutkan di atas.

Untuk lebih jelasnya, IT Governance Indonesia telah merangkum 5 alasan mengapa Cyber Crime sangat penting untuk small business yang Anda jalankan:

a) Seluruh data penjualan akan lebih mudah ter-backup.

Gangguan sistem yang error atau hilang tidak hanya akan merugikan Anda sebagai pelaku bisnis, tetapi juga merugikan para customer yang telah mempercayakan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan Cyber Security yang optimal, Anda tidak perlu lagi khawatir terhadap data yang tidak sesuai karena semuanya telah tersimpan dan tercadangkan secara otomatis.

b) Bisnis Anda terhindar dari pencurian data yang merugikan.

Menurut hasil survei dari RiskBased, pada pertengahan tahun 2020 silam sebanyak 60 data telah terekspos oleh para pencuri data. Ini tentu merupakan penyebab tidak diterapkannya Cyber Security yang optimal, sehingga muncul kebocoran data yang sengaja dicuri untuk menguntungkan suatu pihak tertentu. Menggunakan Cyber Security dapat memberikan sistem keamanan yang lebih maksimal, karena seluruh keamanan data akan lebih terintegrasi dan tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

c) Mencegah malware berbahaya yang berpotensi merusak software atau hardware.

Sebagai small business yang baru berjalan, Anda tentu baru saja mengeluarkan modal besar untuk memulai dan mengembangkan usaha Anda. Namun, bagaimana jadinya jika software atau hardware yang telah Anda beli justru rusak karena malware berbahaya? Cyber Security dapat mencegah hal buruk tersebut terjadi dengan dukungan proteksi yang sesuai.

d) Menjaga keamanan data customer atau prospek klien.

Cyber Security tidak hanya mampu merekam jejak transaksi yang pernah Anda lakukan dengan detail, tetapi juga mampu melindungi keamanan data prospek klien yang harus Anda jaga. Dengan layer keamanan yang berlapis, pelaku kejahatan yang berniat mencuri data konsumen Anda akan mudah terdeteksi dan tidak mampu mencuri data sensitif yang tersimpan.

e) Mendukung kredibilitas Anda sebagai perusahaan yang terpercaya.

Customer atau prospek klien yang mengetahui bahwa Anda menggunakan Cyber Security juga pasti akan semakin meningkatkan kepercayaannya terhadap produk/layanan Anda. Kredibilitas bisnis Anda pun dapat meningkat seiring dengan bukti nyata yang bisa Anda tunjukkan dari keamanan data yang terjaga.

 

Stephane Nappo, tokoh inspiratif dunia IT yang menjadi Global Head Information Security di sebuah International Banking pernah berkata, “butuh 20 tahun untuk membangun sebuah reputasi, dan hanya beberapa menit untuk insiden siber menghancurkannya.

Berbicara tentang small business tentu juga berbicara tentang bagaimana Anda meningkatkan sebuah brand awareness dengan reputasi baik yang harus dibangun sejak awal. Memaksimalkan penggunaan Cyber Security tentu mampu mendukung Anda untuk menjadi perusahaan terpercaya yang menaruh hati dan nilai terbaik di mata masyarakat.

Apa lagi yang Anda ragukan? Segera ikuti kelas pelatihan dan konsultasi terbaik terkait Cyber Security yang sesuai dan bisa diterapkan pada bisnis Anda bersama IT Governance Indonesia yang sudah terpercaya dan profesional di bidangnya. Dengan menerapkan Cyber Security yang tepat, keuntungan bisnis Anda pun bisa meningkat dengan data yang lebih terjaga dan akurat!

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat