Roadmap Karir Cyber Security Professional

Trend Teknologi semakin hari semakin berkembang, tentunya menguntungkan karena semakin memudahkan user untuk kebutuhannya. Namun, hal tersebut juga bisa membawa dampak buruk yang dapat merugikan user ataupun skala perusahaan, khususnya dalam bidang Cyber Security.

Hal ini menjadi alasan utama mengapa karir profesional di bidang cyber security memiliki permintaan yang tinggi. Riset terbaru dari ISC2 menemukan bahwa, pandemic COVID-19 & tekanan ekonomi mengharuskan perusahaan untuk menambah cyber security professional diberbagai bidang dalam kurun waktu 12 bulan kedepan. Karena, role cyber security sangat dibutuhkan untuk menjaga data sensitif perusahaan atau usernya.

  • Apa Itu Cyber Security?

Menurut Kaspersky, Cyber Security adalah teknik pertahanan terhadap serangan berbahaya pada komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, dan data. Cyber Security bertujuan untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi yang tidak sah.Cisco menggambarkan Cyber Security dengan cara yang sama, sebagai aktivitas mempertahankan berbagai sistem, jaringan, dan program dari ancaman digital. Selain itu, Cyber Security disebut sebagai keamanan teknologi informasi atau keamanan data elektronik. Cyber Security memiliki berbagai aplikasi, mulai dari bisnis hingga komputasi seluler. 

Secara spesifik, Cyber Security, menurut ISO/IEC 27032, atau Cyberspace adalah perlindungan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di dunia maya, menurut ISO (International Organization for Standardization). Cyberspace adalah istilah luas yang mengacu pada lingkungan kompleks yang diciptakan oleh interaksi antara orang, perangkat lunak, dan layanan internet melalui penggunaan berbagai perangkat teknologi dan koneksi jaringan; itu adalah lingkungan tanpa bentuk.

Baca juga : 5 Red Flags dalam Cyber Security yang Harus Diwaspadai

  • Roadmap Karir Cyber Security

Cyber Security telah berkembang menjadi komponen kunci dari struktur bisnis modern mana pun. Karena pelanggaran demi pelanggaran marak dimunculkan dalam berita, terbukti bahwa perusahaan membutuhkan keahlian Cyber Security tambahan. Contoh berikut akan membahas beberapa jalur pekerjaan yang mungkin menarik jika Anda memilih untuk mengejar karir di bidang Cyber Security.

Entry Level

Dalam konteks Cyber Security, istilah “entry-level” bisa memiliki banyak arti. National Security Agency (NSA) mendefinisikan posisi entry-level sebagai posisi yang membutuhkan gelar sarjana dan pengalaman relevan hingga tiga tahun—kurang untuk gelar tingkat yang lebih tinggi. Mayoritas pakar Cyber Security memasuki sektor ini setelah bekerja di posisi TI tingkat pemula. Berikut ini adalah beberapa posisi entry-level yang paling sering tersedia di bidang Cyber Security yang lebih besar.

 

  • IT Auditor

  • Sebagai auditor teknologi informasi, Anda akan bertanggung jawab untuk memeriksa teknologi organisasi Anda dalam masalah keamanan, efisiensi, dan kepatuhan. Tanggung jawab ini akan melibatkan hal berikut: perencanaan dan pelaksanaan audit, pendokumentasian dan penyajian temuan audit, pemberian nasihat tentang langkah-langkah keamanan yang disarankan dan diperlukan, mengembangkan rencana untuk mengatasi masalah keamanan serta mengidentifikasi potensi peningkatan efisiensi.
  • Information Security Analyst

  • Ini adalah salah satu peran paling umum dalam tim Cyber Security dan cara yang bagus untuk memulai di bidang keamanan informasi. Sebagai Information Security Analyst, Anda akan berkontribusi pada perlindungan jaringan dan sistem komputer organisasi dengan memantau pelanggaran keamanan, meneliti dan mendokumentasikan pelanggaran keamanan, dan melaporkan pelanggaran keamanan. Melakukan penelitian tentang tren keamanan teknologi informasi dan membantu pengguna komputer dengan produk dan praktik keamanan. Selain itu, Anda harus menetapkan taktik untuk membantu organisasi mereka tetap aman.
  • Digital Forensic Investigator

  • Jika Anda ingin bekerja mencari petunjuk untuk memecahkan teka-teki, ini mungkin peran yang cocok untuk Anda. Penyelidik forensik digital bertugas untuk mengekstrak data dari komputer dan perangkat digital lainnya untuk menentukan bagaimana individu yang tidak berwenang memperoleh akses ke sistem atau mengumpulkan bukti untuk tujuan hukum. Tanggung jawab sehari-hari mungkin termasuk mengumpulkan dan mengevaluasi bukti digital, memulihkan data dari hard drive yang terhapus atau rusak, mendokumentasikan proses pemulihan data, dan menjaga keamanan data.

 

Mid Level

  • Security Systems Administrator

  • Anda akan bertanggung jawab atas operasi sehari-hari sistem keamanan siber organisasi dalam kapasitas ini. Tugas Anda mungkin melibatkan pemantauan sistem dan melakukan pencadangan rutin, mengelola akun pengguna individu, merancang dan mendokumentasikan proses keamanan organisasi, bekerja sama dengan tim keamanan untuk menanggapi serangan, dan berpartisipasi dalam audit keamanan di seluruh perusahaan.
  • Security Specialist

  • Dalam profesi ini, Anda berperan sebagai orang titik keamanan perusahaan, memastikan bahwa data dilindungi dari akses tidak sah dan serangan siber. Tanggung jawab spesialis keamanan bervariasi menurut perusahaan, tetapi mungkin melibatkan pengujian dan pemeliharaan firewall dan perangkat lunak antivirus, menerapkan pelatihan keamanan, menyelidiki ancaman keamanan baru, dan menawarkan cara untuk meningkatkan kerentanan keamanan
  • Penetration Tester

  • Sebagai Penetration Tester, Anda akan membantu organisasi dalam mengidentifikasi kelemahan keamanan sebelum peretas jahat melakukannya. Hal ini dilakukan dengan mencoba untuk menembus jaringan komputer dengan otorisasi perusahaan. Tanggung jawab tipikal meliputi perencanaan, perancangan, dan pelaksanaan uji penetrasi; membuat laporan tentang hasil pengujian dan membuat rekomendasi kepada pembuat keputusan keamanan; mengembangkan skrip untuk mengotomatiskan bagian dari proses pengujian; melakukan latihan rekayasa sosial (berusaha memaksa karyawan perusahaan untuk mengungkapkan informasi rahasia); dan, terakhir, memberikan dukungan teknis selama respons insiden.

Professional

  • Security Engineer

  • Sebagai Security Engineer Anda akan mengembangkan solusi yang melindungi komputer, jaringan, dan data bisnis dari ancaman mulai dari serangan dunia maya hingga bencana alam. Sistem keamanan ini mungkin berisi firewall dan sistem deteksi intrusi, di antara komponen lainnya. Tanggung jawab Anda sehari-hari dapat mencakup pengembangan standar keamanan dan praktik terbaik, merekomendasikan peningkatan keamanan kepada manajemen, memastikan sistem keamanan baru diinstal dan dikonfigurasi dengan benar, menguji solusi keamanan, memimpin tim respons insiden, dan mengembangkan program untuk mengotomatiskan deteksi kerentanan.
  • Security Architect

  • Sebagai arsitek keamanan, Anda akan menetapkan visi untuk sistem keamanan bisnis. Posisi ini menggabungkan pemrograman, penelitian ancaman, dan perumusan kebijakan untuk memastikan bahwa organisasi selalu selangkah lebih maju dari potensi risiko. Tanggung jawab Anda dapat mencakup hal berikut seperti: mengembangkan dan memelihara jaringan dan sistem yang aman, mengembangkan anggaran dan memantau biaya keamanan, mengoordinasikan operasi keamanan di seluruh departemen TI dan teknik, meningkatkan sistem dalam menanggapi insiden atau kerentanan keamanan, dan melakukan uji coba pelanggaran keamanan.
  • Cyber Security Manager

  • Di posisi manajer, Anda akan bertanggung jawab untuk mengawasi infrastruktur keamanan organisasi Anda dalam pekerjaan kepemimpinan cyber security ini. Ini mungkin memerlukan hal berikut: mengelola sumber daya manusia dan teknologi, memantau perubahan kebijakan keamanan internal dan eksternal, memastikan kepatuhan terhadap aturan dan peraturan keamanan, mencari produk keamanan siber untuk perusahaan, dan mengarahkan aktivitas mitigasi risiko.

Baca juga : Pentingnya Cyber Security bagi Small Business

 

 

Ciri Utama Cyber Security Professional

Ada beberapa ciri utama yang perlu Anda miliki jika Anda ingin menjadi profesional Cyber Security. Anda harus punya:

  • Rasa ingin tahu dan keinginan untuk menyelidiki
  • Keterampilan analitis yang kuat
  • Semangat untuk belajar dan memahami konsep teknis 
  • Tidak mudah puas dan mau terus mendalami hal baru
  • Keingintahuan yang mendalam dan mata yang tanggap
  • Perhatian terhadap detail
  • Kemampuan untuk berpikir seperti “the bad guy”

Berikut adalah keterampilan utama yang diperlukan jika Anda ingin menjadi profesional Cyber Security

  • Keterampilan Pemecahan Masalah dengan Bakat Teknis
  • Pengetahuan tentang Keamanan Di Berbagai Platform
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Keterampilan Forensik Komputer Dasar
  • Pemahaman tentang Peretasan

Roadmap Karir Cyber Security ProfessionalBest Practice Untuk Cyber Security Professional

Selain gelar sarjana dan sertifikat pelatihan, beberapa soft skill akan membantu kemajuan profesional di bidang Cyber Security. Untuk unggul dalam karir Cyber Security, agar Anda memperoleh pengalaman praktis melalui magang dan mengikuti langkah-langkah penting ini (dan tambahkan sesuai kebutuhan Anda)

Problem Solving

Jika Anda akan hidup di dunia yang penuh dengan masalah, sebaiknya Anda menjadi pemecah masalah. Masalah Cyber Security mendatangkan malapetaka pada ekonomi global. Kompromi dalam keamanan data sangat besar, karena menyangkut privasi individu dan organisasi. Merupakan kewajiban profesional Cyber Security untuk menyelesaikan masalah siber dan mengamankan data. Kapasitas Anda untuk berpikir kritis akan memungkinkan Anda untuk unggul sebagai penanggap insiden.

Gagal, Belajar, dan Ulangi

Pertahankan minat pada teknologi baru yang digunakan untuk mengatasi masalah Cyber Security. Temukan produk yang dirancang untuk membantu pakar keamanan. Cepat dalam mengidentifikasi masalah dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikannya. Anda dapat memiliki karir yang sukses sebagai Architect Cyber Security jika Anda ingin tahu tentang memecahkan masalah.

Terus Belajar

Teruslah mendidik diri Anda sendiri tentang kesulitan-kesulitan lapangan dan untuk memberikan jawaban-jawaban yang efektif kepada mereka. Anggap setiap kesulitan sebagai kesempatan mengajar daripada pekerjaan biasa. Jika Anda seorang pendengar yang baik dan empatik, karir Konsultan Cyber Security ​​mungkin cocok untuk Anda.

Antusiasme

Antusias merupakan bagian besar dari tanggung jawab untuk menyelesaikan masalah Cyber Security. Ambil inspirasi dari kisah orang-orang yang telah diselamatkan dari kejahatan online. Jika Anda seorang yang antusias, posisi Penetrasi Tester mungkin cocok untuk Anda jika Anda menyukai pemecahan masalah yang kreatif.

Menjadi Penyelamat

Kejahatan dunia maya menelan biaya sekitar $6 triliun per tahun dan akan mencapai $10,5 triliun pada tahun 2025. Selain itu, ini membahayakan banyak nyawa. Seorang profesional keamanan dunia maya harus menjadi Avenger yang melindungi dunia dari kejahatan dunia maya semacam itu. Jika Anda memiliki empati terhadap korban, posisi sebagai Cyber Security Engineer akan cocok untuk Anda.

Berkarir di bidang cyber security akan terus meningkat sejalan dengan perkembangan teknologi. Namun, cyber security professional memiliki skillset dan sertifikat kompetensi khusus yang menjadi bukti authentic keahliannya. Daftarkan diri Anda pada Cyber Security Training dari IT Governance Indonesia untuk dream job Anda

Cyber Security Training for Beginner

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?