Smartphone Ternyata Menyimpan Belasan Ribu Bakteri

Mungkin sebagian orang mengira, toilet dan tempat sampah adalah tempat favorit berkumpulnya segala jenis bakteri. Siapa sangka, menurut penelitian, smartphone juga merupakan lahan empuk bagi banyak bakteri berdiam.

Peneliti melakukan pengujian untuk melihat seberapa banyak bakteri yang mungkin terkumpul di smartphone. Dengan mengambil sampel 30 smartphone dan tablet yang telah digunakan sehari-hari, peneliti lantas menyeka gawai menggunakan kapas yang telah dilumuri dengan pembersih khusus untuk melihat seberapa kotor, sekaligus menghitung berapa banyak jumlah bakteri yang ada dalam satu sekaan kapas.

Hasilnya, satu tablet dapat memiliki 600 bakteri staphylococcus aureus. Itu dilihat dari kapas yang digunakan untuk menyeka (membersihkan) perangkat tersebut.

Bahkan, tablet yang paling kotor, bisa memiliki hingga 15.000 bakteri enterobacteria, tiap satu sekaan kapas. Namun untuk kasus tablet dan smartphone yang tidak terlalu kotor, hasilnya 8 dari 30 tablet dan 7 dari 30 smartphone, bisa memiliki 1.000 bakteri enterobacteria per satu kali seka.

Berkumpulkan bakteri dalam jumlah besar itu, dikarenakan satu alasan yakni sebagian besar orang jarang membersihkan tablet atau smartphone mereka, ataupun jika dibersihkan tidak dilakukan dengan benar.

Sumber: okezone.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?