Tips dan Trik Menjaga Keamanan Data pada Komputer dan Android

Keamanan data adalah suatu cara untuk melindungi data dari ancaman baik dalam bentuk kesengajaan atau pun tidak. Keamanan data tidak hanya berkenan dengan data yang ada pada saja, tetapi juga meliputi bagian lain dari system data. Agar memiliki suatu keamanan yg efektik dibutuhkan kontrol yang tepat. Di bawah ini akan dibahas mengenai tips dan trik menjaga keamanan data pada komputer dan android.

TIPS DAN TRIK MENJAGA KEAMANAN DATA KOMPUTER

Meskipun Anda mahir komputer kalau Anda tidak hati-hati, Anda bisa terkena hack. Ada pengalaman, seseorang yang mahir komputer, Ia sudah hampir beberapa kali jadi korban hanya karena iseng ingin mengetest sekuriti komputer apakah cukup aman dengan meng-klik situs-situs lewat e-mail atau download attachment. Akhirnya Ia hampir kena hack dan IP internet saya sempat di-blok oleh account investasi miliknya. Oleh karena itu artikel ini di buat agar para netter yang membaca artikel ini bisa terhindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa tips di bawah ini akan bisa mencegah dan menghindari Anda sampai terkena hack:

  1. Hati-hati terhadap situs phising yg sangat banyak beredar saat ini (contoh: www.swiiscash.net – harusnya www.swisscah.net dan www.e-qold.com – G-nya diganti pakai Q), jangan sekali Anda masuk ke situs tersebut walaupun hanya iseng ingin melihat-lihat saja kalau Anda masih awam terhadap sekuriti komputer dan internet Anda.
  2. Jangan sekali-kali masuk ke situs apapun lewat e-mail klik / e-mail link karena bisa berpotensi klik digunakan utk mendownload active-x yg bisa meng-hijack (membajak) browser Anda kecuali Anda yakin bahwa link tersebut aman atau untuk mengaktifkan registrasi. 90% orang di-hack karena hal ini atau komputernya bisa terkena spyware / virus.
  3. Selalu pakai browser Mozilla FireFox yg sudah terbukti mempunyai security terbaik dibanding browser lainnya termasuk IE7.0.
  4. Pasang Firewall pada komputer anda, anda bisa memakai ZoneAlarm versi gratis yang bisa di-download di www.zonelabs.com
  5. Sering update Windows anda dengan patch terbaru bagi yang memiliki lisensi original Windows
  6. Sebaiknya komputer juga dilengkapi antivirus dan antispyware atau anda bisa memakai versi gratisnya di www.ewido.net
  7. Jangan sekalipun Anda membuka account investasi atau account penting lain Anda di komputer warnet (publik) yang tidak memiliki firewall atau yang Anda tidak yakin bahwa komputer tersebut aman karena account anda bisa terkena hack karena keylogger (program pencatat aktifitas keyboard dan situs yang Anda buka) dan sebaiknya Anda cek startup Windows-nya dahulu dan matikan akses yang Anda anggap berbahaya dengan menggunakan program seperti Hijack This! yang bisa Anda download di bagian download situs kami
  8. Jangan sekali-kali download attachment file di e-mail Anda kalau Anda tidak tahu e-mail itu dari siapa dan khususnya e-mail dari luar negeri (berbahasa Inggris)
  9. Jangan install program gratisan yang anda sembarang download dari situs yang tidak bisa dipercaya atau lewat program P2P seperti Limewire, iMesh atau BearShare karena kadang-kadang program tersebut mengandung virus atau spyware

Referensi: untukku.com

TIPS DAN TRIK MENJAGA KEAMANAN DATA ANDROID

Ponsel sebagai alat komunikasi dan penyimpanan data memiliki banyak celah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu melalui berbagai cara dan menjadi masalah yang bisa merugikan diri sendiri. Tanpa perlu memasang aplikasi tambahan keamanan, Anda dapat memanfaatkan feature keamanan bawaan Android yang cukup handal. Meski dirasa cukup merepotkan dan kurang nyaman, namun tidak ada salahnya mencoba tips berikut demi keamanan data dari bahaya yang mengintai.

Inilah 8 Tips Jitu Memaksimalkan Keamanan Data di Android :

1. Unduh aplikasi hanya dari Google Play Store
Mengunduh aplikasi selain dari Google Play Store bukan berarti membuat perangkat Anda menjadi tidak aman atau rentan dari serangan malware. Namun hal ini dapat meminimalisir penyusupan malware dari aplikasi ke sistem Android dan melindungi perangkat dari aplikasi yang tidak diinginkan. Lakukan pengaturan konfigurasi melalui Settings, pilih Security dan hilangkan tanda centang pada kolom Unknown Sources. Kemudian beri tanda centang pada Verify Apps.

 

2. Perhatikan aplikasi yang akan dipasang

training iso 20000 indonesia, training iso 27001 indonesia, information security, penetration testing, it security, it governance, iso 20000, iso 27001

 

Perhatikan aplikasi yang akan dipasang dengan mengunduh aplikasi yang dibuat oleh pengembang ternama atau berdasarkan rekomendasi Google dan memeriksa ijin (permission) dari aplikasi yang akan dipasang dengan membacanya secara cermat. Beberapa aplikasi terkadang meminta ijin untuk mengakses akun, SMS, lokasi, atau koneksi internet. Jika dirasa merugikan, hindarilah aplikasi dengan banyak permintaan.

3. Gunakanlah password yang sukar

Aplikasi jahat dapat dengan mudah meretas dan memanfaatkan akun Anda untuk kepentingan pihak tertentu apabila password menggunakan kata yang mudah ditebak atau sederhana. Gunakan PIN atau kode yang sukar ditebak untuk proteksi tingkat lanjut. Lakukan beberapa pengaturan dengan masuk ke Settings>Security>Screen Lock dan pilih Password. Pada pilihan Make password visible, hilangkanlah tanda centang.

4. Enkripsi data
Data akan tidak mudah diakses sekalipun ponsel tersebut hilang jika data di ponsel telah dienkripsi. Untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada ponsel, lakukan enkripsi data dengan cara masuk ke Settings>Security>Encrypt Phone, dan jika ada lakukan pula pada pilihan Encrypt SD Card.

 

5. Hati-hati dengan koneksi Wi-Fi

 

training iso 20000 indonesia, training iso 27001 indonesia, information security, penetration testing, it security, it governance, iso 20000, iso 27001

 

Adanya Wi-Fi gratis yang tidak diberi password seringkali membuat kita senang. Meski tidak selamanya berbahaya, adanya malware yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi harus tetap diwaspadai. Terlebih jika menggunakannya untuk melakukan transaksi atau yang berhubungan dengan data penting seperti kartu kredit, alamat, nomor PIN, atau yang lainnya.

6. Selalu gunakan VPN
VPN berfungsi untuk mengenkripsi jaringan nirkabel yang sifatnya beresiko sehingga menjadi lebih aman. Pasanglah aplikasi VPN (Virtual Private Network) jika ingin memanfaatkan akses Wi-Fi untuk keperluan penting dan mendesak. Amankan internet dengan mengaktifkan feature VPN (Virtual Private Network) melalui Settings>Wireless&Networks>More>VPN.

7. Matikan notifikasi
Notifikasi tetap akan muncul pada status bar meski ponsel dalam kondisi terkunci. Android tidak menyediakan pilihan untuk mematikan notifikasi secara menyeluruh seperti notifikasi kode konfirmasi transaksi atau data sensitif lainnya sehingga Anda harus mematikan aplikasi yang menampilkan notifikasi seperti ini satu-persatu.Caranya masuk ke Settings>Apps dan pilih aplikasi yang dituju, kemudian hilangkan tanda centang pada Show notifications.

8. Gunakan Two-factor authentication
training iso 20000 indonesia, training iso 27001 indonesia, information security, penetration testing, it security, it governance, iso 20000, iso 27001
Two-factor authentication merupakan metode terbaik yang bisa diterapkan pada akun Google atau aplikasi lain untuk meningkatkan keamanan dengan memberikan satu lapisan lagi pada sistem. Selain mengisi password, Anda juga akan diminta konfirmasi untuk mengisi kode tambahan untuk memberikan perlindungan ganda apabila password utama berhasil dibobol. Kunjungi tautanhttp://accounts.google.com/AmsAuthConfig untuk mengaktifkan Two-factor authentication pada akun Google.

Referensi: komunitasandroid.com

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

Open chat