Apa itu CGEIT dan COBIT, Pengertian dan Keunggulannya

3 Menit Membaca

Pengguna layanan profesional di suatu perusahaan tentunya tak ada yang tidak mengenal namanya Certified in the Governance of Enterprise IT (CGEIT) dan Control Objective for Information Technologies (COBIT). CGEIT merupakan sertifikasi bagi profesional yang dibentuk oleh ISACA pada 2007 silam, tujuan dibentuknya CGEIT tersebut adalah sebagai bukti sertifikasi terhadap profesional yang bertanggung jawab dalam mengelola keselarasan untuk mencapai tujuan bisnis.

Apa itu CGEIT?

CGEIT tersebut juga digunakan untuk bukti bahwa profesional tersebut memiliki kemampuan untuk mengukur sumber daya dan resiko dalam kinerja teknologi atau sistem informasi. Selain itu, dengan adanya sertifikasi CGEIT itu juga bisa sebagai jenjang karir bagi profesional ketika di ranah pekerjaan. Hal tersebut disebabkan karena profesional yang telah mendapatkan sertifikasi dari CGEIT dipastikan bisa menciptakan good governance bagi TI perusahaan.

Selain sebagai bukti bahwa profesional tersebut telah layak untuk dipekerjakan, CGEIT juga berguna untuk sebagian besar perusahaan atau lembaga pemerintah menjadi suatu prasyarat bagi karyawan yang terlibat dalam TI Governance.

Apa itu COBIT?

COBIT adalah suatu informasi sekuriti yang memegang peran penting dalam meningkatkan fungsi informasi pada enterprise, sosial, publik dan lingkungan bisnis. COBIT tersebut juga sangat penting, karena informasi merupakan sumberdaya utama bagi enterprise, dan juga COBIT memberikan layanan kerangka kerja secara komprehensif untuk membantu pemerintah dan manajemen TI di suatu perusahaan mencapai tujuan yang diharapkan.

Secara umum, COBIT bisa dijabarkan sebagai sebuah framework atau kerangka kerja yang memberikan layanan, baik itu untuk sebuah perusahaan, organisasi maupun pemerintah. Gunanya untuk mengelola dan memanajemen aset atau sumber daya TI itu sendiri.

Baca juga : COBIT, TOGAF, dan ITIL, Apa Perbedaannya?

Jadi, sudah tahukan apa pengertian dari CGEIT dan COBIT itu sendiri. Sekarang, mari kita masuk ke pembahasan keunggulan dari masing-masingnya, untuk awal kita mulai dulu dengan CGEIT.

Apa saja keunggulan dari CGEIT?

CGEIT (Certified in the Governance of Enterprise IT) merupakan suatu sertifikasi bagi profesional dalam hal kredibilitas, pengaruh serta pengakuan global. Dan ternyata, keunggulan dari profesional yang memiliki CGEIT ada banyak juga, pada tulisan ini penulis akan membagikan 5 dampak keunggulan yang dirasakan profesional jika memiliki sertifikasi dari CGEIT.

  • Pengakuan Profesional
    Profesional tersebut akan mendapatkan pengakuan secara global dan juga menjadi simbol seumur hidup baginya dalam hal keahlian dan pengetahuan di bidang teknologi dan informasi.
  • Menjadi Terpercaya
    Profesional yang memiliki sertifikasi dari CGEIT akan menjadi unggul secara kompetitif dari rekan kerjanya yang lain, dan hal ini akan berdampak baik terhadap kepercayaan perusahaan terhadapnya.
  • Bergaji Tinggi
    Jika sudah berhasil mendapatkan sertifikasi dari CGEIT maka jenjang karir dari profesional tersebut akan mudah dan cepat, lalu pendapatan gaji yang didapatkan juga tinggi akibat keunggulannya tersebut.
  • Bekerja dengan tim profesional
    Selain mendapatkan nama dan pendapatan yang tinggi, profesional yang telah lulus sertifikasi CGEIT akan menjadi karyawan yang elit di suatu perusahaan tempat ia bekerja.
  • Dapat bersaing di industri global
    Para profesional yang telah teruji dan mendapatkan sertifikasi dari CGEIT tersebut akan mudah dalam mendayagunakan tools dan sumber daya industri perusahaan global, hal itu dikarenakan kemampuannya telah teruji.

Berikut telah dipaparkan dampak dari keunggulan memiliki sertifikasi dari CGEIT tersebut, dari keunggulan itu profesional bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak bagi dirinya pribadi ataupun perusahaan tempatnya bekerja. Dan juga, perusahaan membutuhkan profesional CGEIT itu untuk mendukung dan memajukan tata kelola TI di suatu perusahaan.

Baca juga : CGEIT Exam Professional, Sukses dalam Karir dan Perusahaan

Hingga kini, sertifikasi dari CGEIT juga masih banyak dianggap oleh perusahaan dan bahkan lembaga pemerintah sebagai bagian dari tata kelola TI.

Apa Keunggulan dari COBIT?Apa Keunggulan dari COBIT?

COBIT (Control Objective for Information Technologies) berguna untuk memberikan sejumlah kemampuan yang berhubungan dengan keamanan informasi bagi perusahaan, dan hal itu sangat bermanfaat untuk perusahaan karena bisa meningkatkan integritas keamanan terhadap informasi.

Dalam hal keunggulan, ternyata COBIT lebih unggul dalam hal meningkatkan keamanan informasi dan kepuasan pengguna. Selain itu, juga berfungsi untuk mengurangi kompleksitas dan meningkatkan efektivitas biaya menjadi lebih baik dan mudah.

Secara garis besar, COBIT sangat berguna untuk menjadi kerangka kerja bagi sebuah organisasi, pemerintah atau perusahaan untuk membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Dan juga, COBIT lebih terpusat untuk membahas tentang keamanan informasi yang memberikan panduan secara komprehensif terhadap perusahaan terkait aspek keamanan informasi.

Lalu, sudah tahukan apa pentingnya mengenal apa itu CGEIT dan COBIT bagi perusahaan profesional? Selaian pembahasan mengenai keunggulan dari CGEIT dan COBIT tersebut, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?