Pedoman Sukses Implementasi ITIL

Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi atau ITIL adalah pendekatan manajemen layanan TI yang diakui secara global di perusahaan-perusahaan di seluruh dunia. Kerangka kerja ITIL diambil dari praktik terbaik yang diikuti oleh sektor publik dan swasta di seluruh dunia.

ITIL mendapatkan perhatian di seluruh dunia dan berada di tengah berkembangnya prinsip-prinsip manajemen layanan TI. Meskipun DevOps dan metodologi lainnya sedang diimplementasikan dalam layanan TI belakangan ini, tetapi tidak ada yang mendekati ITIL dengan pedoman komprehensif dan praktik terbaiknya.

Memiliki pengetahuan tentang ITIL adalah hal yang baik, tetapi mengetahui bagaimana menerapkan kerangka kerja ITIL untuk layanan TI Anda yang selaras dengan strategi bisnis organisasi adalah hal lain. Ini mengharuskan semua orang untuk berada pada halaman yang sama, dan mendapatkan dukungan dari manajemen senior menuju implementasi ITIL.

Berikut merupakan pedoman agar implementasi ITIL Anda berhasil. Jika Anda dapat melakukannya dengan cara yang benar, maka Anda akan melihat manfaat dari ITIL untuk layanan TI Anda dan bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak dari departemen TI Anda.

 

ITIL implementation

  1. Bangun kemampuan yang dibutuhkan:

Implementasi kerangka kerja ITIL yang sukses mengharuskan karyawan untuk mengetahui apa itu ITIL. Pelatihan sertifikasi dasar ITIL Foundation dapat membantu karyawan untuk memahami kerangka kerja ITIL dan bagaimana hal itu menambah nilai pada layanan TI Anda.

  1. Lakukan analisis kesenjangan:

Sebelum menerapkan kerangka kerja ITIL, lakukan analisis kesenjangan di perusahaan Anda. Ingat aturan 80-20 dan terapkan prinsip-prinsip ITIL untuk proses yang paling menghambat. Kemudian, rampingkan permasalahan tersebut sesuai dengan pedoman ITIL.

  1. Identifikasi kemenangan jangka pendek.

Dengan pedoman ITIL proses menjadi efisien dan mengubah cara Anda untuk menangani berbagai hal. Identifikasilah perubahan-perubahan baik itu.

  1. Sebarkan kesadaran terhadap ITIL:

Ketika Anda mengidentifikasi kemenangan-kemenangan yang telah Anda lakukan denngan ITIL, sebarkanlah pada organisasi Anda. Utamanya pada manajemen senior yang akan berpengaruh besar.

  1. Terapkan dan pantau perubahan:

Sekarang secara perlaham implementasikan kerangka kerja ITIL untuk proses lain dan monitor perubahan yang terjadi. Perubahan tidak dapat dihindari dan perlu dipantau selama ITIL diimplementasikan untuk mendapatkan manfaat maksimal.

  1. Dapatkan dukungan dari manajemen:

Setelah Anda melihat manfaat penerapan ITIL, Anda harus memperlihatkan hal yang sama kepada manajemen senior Anda agar mendapatkan dukungan eksklusif untuk menerapkan kerangka kerja ITIL di seluruh rantai nilai TI.

  1. Rancang atau atur prosesnya:

Menerapkan ITIL untuk setiap proses sekaligus merupakan tindakan yang tidak tepat, perubahan semacam itu akan sulit ditangani untuk perusahaan mana pun. Jangan menerapkan pedoman ITIL untuk proses yang sudah berjalan dengan baik. Periksa proses mana yang memerlukan perbaikan atau beberapa penyesuaian untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

  1. Identifikasi peluang peningkatan:

Implementasi ITIL bukanlah kegiatan satu kali, Anda harus kembali dan memeriksa apakah ada hal lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan proses TI. Ketika IT Service Management (ITSM) berevolusi, masuk akal untuk meningkatkan proses Anda saat diperlukan.

  1. Mengurangi biaya

Dengan menerapkan kerangka kerja ITIL, Anda akan dapat mengurangi biaya untuk layanan TI. Banyak proses yang tidak perlu dan berlebihan akan dihapus dan departemen TI Anda akan menjadi efisien.

  1. Membagikan hasilnya:

Setelah menerapkan ITIL di organisasi Anda, bagikan hasilnya dengan tim dan manajemen yang lebih tinggi. Tunjukkan pada mereka bagaimana implementasi ITIL membantu organisasi Anda mengurangi biaya dan mengemas proyek-proyek penting bisnis.

Jika Anda ingin mempelajari ITIL lebih jauh, segera hubungi kami. Kami dapat membantu Anda memahami ITIL lebih jauh secara komprehensif.

Baca Juga :

ITIL dan ISO 20000: Sebuah Perbandingan

10 Perubahan Utama pada ITIL 4

10 perubahan utama pada ITIL v.4 (Bagian 2)

Bagikan:

Menu

[yikes-mailchimp form=”2″]

×

Powered by WhatsApp Chat

× Apa yang bisa kami bantu?