PT Indonesia TRC Industry Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi Lewat Pelatihan ISO 27001

PT Indonesia TRC Industry Tingkatkan Kesadaran Keamanan Informasi Lewat Pelatihan ISO 27001

Memahami Pentingnya Keamanan Informasi

Seiring perkembangan teknologi informasi, digitalisasi data perusahaan pun kian masif, baik dari sisi operasional pabrik, pengelolaan rantai pasok, hingga pelayanan konsumen. Sayangnya, hal ini berbanding lurus dengan meningkatnya eksposur risiko keamanan data.

Mulai dari serangan peretasan, pencurian data rahasia perusahaan, hingga malware dan ransomware yang bisa lumpuhkan sistem IT dan operasi pabrik. Survei menunjukkan, kerugian akibat insiden keamanan siber di perusahaan manufaktur bisa mencapai ratusan miliar rupiah setiap tahunnya.

Oleh karena itu, PT Indonesia TRC Industry menyelenggarakan pelatihan internal untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh karyawan agar lebih waspada terhadap potensi ancaman keamanan informasi yang bisa terjadi setiap saat.

Pentingnya Peningkatan Kompetensi

Pelatihan “Awareness ISO/IEC 27001:2022, Pengelolaan & Pencegahan Information Security System” ini berlangsung pada 14 & 21 Oktober 2023 di EJIP Center, Cikarang. Diikuti oleh 22 peserta dari berbagai divisi, acara ini dipandu oleh praktisi keamanan TI bersertifikasi guna membekali pemahaman terkini terkait standar ISO 27001:2022.

Tujuannya, agar insan PT Indonesia TRC Industry memiliki kesiapan yang matang dalam mencegah maupun menangani insiden keamanan data. Hal ini krusial mengingat ancamannya kian canggih dan frekuensinya diperkirakan bakal meningkat tajam di masa mendatang.

Direktur Utama Perseroan Johanes Utomo yang membuka acara menyatakan, “Pelatihan ini wujud nyata komitmen kami untuk menanamkan aspek keamanan data dan informasi sebagai budaya kerja di seluruh lapisan organisasi. Karena kami paham, data dan sistem IT adalah urat nadi operasional pabrik.”

Manfaat Mengikuti Pelatihan ISO 27001

Adapun manfaat utama yang diharapkan dari pelatihan internal ini antara lain:

  • Meningkatkan kewaspadaan personel terhadap beragam modus ancaman keamanan data
  • Memahami kontrol & langkah mitigasi risiko berbasis standar ISO 27001
  • Terinternalisasinya aspek keamanan data sebagai budaya kerja di semua departemen
  • Terbangunnya collaboration antar departemen dalam pencegahan insiden
  • Pencegahan kasus insiden seperti kebocoran data, infeksi ransomware dan serangan cyber lainnya

Melalui outcome di atas, data dan informasi sensitif milik PT Indonesia TRC Industry dapat lebih terjaga dan terhindar dari akses ilegal, modifikasi maupun hilang yang berpotensi merugikan perusahaan.

Direktur Keuangan Anton Sulaiman menambahkan, “Pelatihan ini langkah awal membangun pertahanan informasi yang solid. Kedepannya kita akan terus meningkatkan kapabilitas teknologi security dan melakukan audit rutin guna identifikasi celah dan risiko yang masih ada.”

Dampak bagi PT Indonesia TRC Industry

Adapun sejumlah dampak positif yang diharapkan dari program pelatihan ini antara lain:

  • Data dan informasi perusahaan menjadi lebih aman dan terjaga dengan baik
  • Risiko insiden keamanan data & reputasi yang merugikan bisa diminimalisir
  • Operasional & layanan pabrik ke konsumen tidak terganggu bila terjadi serangan siber
  • Menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan seluruh pemangku kepentingan
  • Meningkatkan kesiapan menghadapi audit sertifikasi ISO 27001 di masa depan
  • Secara umum, mendukung sustainabilitas dan daya saing jangka panjang perusahaan

Keberhasilan program ini diharapkan mampu menanamkan mindset bahwa keamanan data dan informasi adalah tanggung jawab seluruh personil perusahaan, bukan hanya divisi TI. Dengan praktik terbaik berbasis standar internasional ISO 27001:2022, diyakini Perseroan makin matang dan solid dalam mengelola serta melindungi aset data strategisnya di era ekonomi digital.

Kesimpulan

Pelatihan internal tentang ISO 27001 ini menjadi bukti nyata komitmen PT Indonesia TRC Industry untuk meningkatkan aspek keamanan informasi dan melindungi integritas data guna mendukung sustainabilitas usaha di era digital. Inisiatif ini penting agar operasional Perseroan tidak mudah terganggu bahkan jika terjadi serangan siber ataupun bencana yang berpotensi melumpuhkan sistem TI corporate.

Keberhasilan program pelatihan ini diharapkan mampu menumbuhkan culture of security awareness di seluruh lapisan insan PT Indonesia TRC Industry. Sehingga pencegahan insiden dan pengelolaan keamanan data menjadi bagian dari DNA budaya kerja perusahaan kedepannya.

Optimalkan keamanan data perusahaan Anda melalui pelatihan ISO/IEC 27001. Bergabunglah dengan kami untuk memperkuat sistem keamanan informasi Anda dan lindungi aset berharga perusahaan dari risiko keamanan.

5/5 - (1 vote)

Bagikan:

[yikes-mailchimp form=”2″]

× Apa yang bisa kami bantu?